Wednesday, August 06, 2008

There are No Windows Anymore (Microsoft Midori)





Menurut sebuah laporan Endgagdet, Microsoft tidak sedang menatap pada versi baru dari Windows saja sebagai OS masa depan, tetapi sedang mengembangkan sesuatu yang melebihi arsitektur Windows dengan proyek yang disebut Midori. OS baru ini memang masih dalam tahap "inkubasi", namun Microsoft sudah mengakui akan keberadaannya, serta Software Daily Times (SD Times) juga mengatakan kalau setidaknya ada satu tim di Redmond yang sedang aktif mengerjakan proyek baru tersebut.

Basis untuk sistem baru tersebut berpusat kepada penelitian tentang proyek Singularity Microsoft yang memimpikan sebuah lingkungan terdistribusi di mana aplikasi, dokumen, dan jaringan dilebur dalam sebuah phantasmagoria sistem komputer berawan, yang bisa menjalankan atau menjadi wadah bagi berbagai macam sistem.

Para peneliti sedang bekerja keras untuk menciptakan sumber distribusi yang paralel, sekaligus sebuah metode penanganan berbagai aplikasi dalam mesin-mesin yang berbeda atau bisa disebut sebagai Asynchronous Promise Architecture - yang akan menyiapkan sebuah tahap untuk sistem operasi yang bekerja timbal balik dari dasar, dengan berbagai ukuran jaringan. Menurut SD Times, dokumen-dokumen Midori memperlihatkan aplikasi-aplikasi yang bekerja pada berbagai macam topologi, bervariasi mulai dari server klien dan peluncuran multi-tier sampai kepada P2P, dan pusat data di awan. Topologi-topologi tersebut akan membentuk sebuah jaringan heterogen dengan kemampuan bisa berada di tempat yang terpisah.(Engadget)

No comments: